Kamis, 29 September 2016

DAHSYAT Resep Rawon Daging Jawa Timur

Bicara soal makanan dan masakan kuliner jawa timur memang tidak pernah ada habisnya. Apalagi bicara soal makanan yang satu ini, tentunya sangat diidamkan banyak kalangan, termasuk memburu resep rawon ini.
Ya, masakan Rawon.

Belum ada asal usul atau fakta detail yang mengungkapkan asal muasal resep makanan ini sebelumnya, ada cerita yang mengatakan bahwa rawon ini adalah makananya para bangsawan zaman dulu, yang dikenal dengan bumbu – bumbunya yang khusus, maupun sejumlah spekulasi – spekulasi lain.
Namun yang pasti, masakan yang sudah dikenal sebagai makanan atau kuliner khas jawa timur ini memang layak dan berhak berada dijajaran papan atas menu kuliner terlezat di indonesia.

 


Karena rasanya yang dipadu bumbu rempah – rempah serta kluwek itu memberikan cita rasa berkelas bagi para penikmat kuliner nusantara.

Rawon Sakinah
Salah satu tempat favorit saya saat berburu menu ini yakni di kabupaten Pasuruan Jawa Timur, warung tersebut menamakan rawon dahsyatnya dengan nama rawon sakinah.
Lokasinya berada disamping alun – alun kabupaten pasuruan, tepatnya di Jl. Kartini No. 80 Pasuruan.
Saat singgah di warung itu, terasa benar kalau warung ini pantas direkomendasikan, pembelnya mengantri di berbagai meja yang disediakan. Ada yang mengajak keluarganya, ada pula orang yang memakai pakaian dinas layaknya PNS, dan ada pula rombongan mobil yang sekedar bersinggah untuk makan siang.
Tidak sabar menunggu, akhirnya rawon lezat ini telah berhasil disajikan didepan mata saya. Terlihat kuah hitam pekatnya begitu menggoda, asap yang keluar dari kuahnya pun menembus rongga hidung yang tak sabar untuk segera menyantapnya.
Tidak lupa juga tauge muda yang disajikan semakin menambah tajam rasa, maklum saja tidak semua tauge boleh disajkan, harus yang masih muda dan manis rasanya. Supaya bisa melebur bersama sambal pedas khas rawon pasuruan tentunya.
Anda boleh meminta jenis daging kikil atau yang lain sesuka anda,
Eitsss, jangan dimakan dulu, ada sesuatu yang beda antara rawon ini dengan rawon lainya, yakni sate kemoh.’
Sate ini menjadi lauk spesial karena rasanya yang selangit, bagaimana tidak?
Daging dalam jumlah besar dicampur dengan bumbu lengkap dan dibakar dalam arang, menjadikan sajian menu ini semakin sempurna,
Praktis penikmat kuliner akan mencatatkan dan merekomendasikan menu ini sebagai menu favoritnya di kemudian hari. Rasanya maknyus, dan kenyang berat.
Masalah harga jangan tanya, untuk porsi rawon yang bikin kita teler kita hanya merogoh kocek sebesar Rp. 25.000 Saja, murah kan.

Rawon Nguling
Untuk yang satu ini lokasinya juga bertetangga dengan rawon sakinah karena berada di Kabupaten Probolinggo, tepatnya di Jl. Raya Tambakrejo No. 75 Probolinggo. Lokasinya sangat strategis karena berada di jalur utama surabaya – bali.
Rawon disini sangatlah istimewa, cara masaknya belum bisa ditiru oleh penyaji kuliner lainya. Daging dan tulangnya begitu empuk, sehingga setiap gigitan pada daging memberikan sensasi rasa yang tak terlupakan.
Kuah panas yang dicampur dengan tauge juga begitu chemistry.
Sehingga para pengunjung rumah makan ini pun dibuat menghabiskan tisu setelah selesai makan. Karena bumbu pedasnya akan mengucurkan keringat deras di wajah para penikmatnya. Resep bumbunya begitu pas di lidah orang indonesia, saya yakin jika anda mencobanya pasti anda akan ketagihan untuk kembali menikmatinya.
Oh ya, yang datang disini bukan hanya kalangan biasa juga tentunya, sekelas pak Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) saja pernah makan bersama di tempat ini.
Harganya tentu sangat murah, hanya dengan Rp 20.000, anda sudah bisa mencatatkan diri sebagai kuliner sejati yang sudah merasakan nikmatnya masakan tradisional Indonesia.
Supaya lebih lengkap, sobat bisa tambah lauk empal dan krupuk, dijamin semakin mak nyus.
Sekarang masalahnya, susah sekali jika ingin membuat menu tersebut di dapur kita sendiri. Rasanya berkali – kali memasakn menu yang sama namun hasilnya tidak pernah maksimal.
Tenang saja, kali ini saya akan bocorkan rahasia membuat menu rawon yang enak. Sehingga anda berasa menjelajah kuliner nusantara di rumah sendiri.

RESEP RAWON
Silahkan siapkan alat dapurnya dulu, hehe…. lalu disiapkan juga bahan – bahanya ya..
  • Daging Sapi 600 Gram
  • Air 3,5 liter
  • Daging kikil, buntut, atau kepala sapi
  • Lengkuas
  • Serai
  • Daun jeruk 2 lembar
  • Minyak 6 sendok
  • Daun bawang 3 tangkai
  • Bumbu penyedap
Bumbu yang dihaluskan
  • Kluwek
  • Bawang merah 3 buah
  • Bawang putih 2 siung
  • Kunyit
  • Jahe
  • Ketumbar
  • Lada ½ sendok
  • Garam’gula
Khusus untuk bumbu halus harus dipisahkan sendiri, tidak boleh dijadikan satu campuran.
Cara memasaknya yakni :
  1. Tolong disiapkan panci atau sejenisnya untuk memanaskan air.
  2. Masukan daging dan buat setengah matang saja. Angkat apabila sudah sesuai rencana.
  3. Panaskan minyak yang ada di wajan, nantinya setelah panas masukan bumbu halus yang sudah dipisah diawal.
  4. Masukan bumbu penyedap
  5. Aduk daging yang sudah setengah matang dengan bumbu yang sedang diolah hingga merasuk dan tercium aromanya.
  6. Masak menggunakan api kecil supaya daging yang akan disajikan terasa begitu empuk,
  7. Angkat dan tiriskan, lalu sajikan dengan tauge, jeruk nipis atau yang lainya.
Itulah resep rawon yang berhasil memikat lidah orang indonesia. Semoga ulasan tentang dimana dan caranya membuat resep rawon yang lezat dapat segera dipraktekan dirumah, semoga manfaat. Salam traveling.

Sumber : travelidia.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar